Islam

Apa Itu Fiqh? Berikut Penjelasannya

September 25, 2020

Belajar agama harus dilakukan oleh semua orang untuk membuat diri lebih kaya akan ilmu agama. Tujuan belajar agama adalah mendekatkan diri dengan Allah SWT. Keimanan seseorang terkait agama akan menjadi lebih kuat ketika belajar agama. Ada banyak ilmu agama yang bisa dipelajari oleh umatnya. Mulai dari belajar kewajiban dalam beragama maupun mempelajari hal yang disunnahkan dalam agama.

Ilmu agama yang bisa dipelajari adalah belajar ilmu fiqh. Arti ilmu fiqh dalam bahasa yakni memiliki arti paham. Secara istilah fiqh ini dibedakan menjadi dua arti. Arti pertama mengenai fiqh adalah merupakan pengetahuan mengenai hukum yang ada pada syariat. Hukum ini berkaitan dengan perbuatan dan juga perkataan. Arti ilmu ini terdapat pada dalil yang sangat jelas yang berupa nash – nash Al –Quran pada As sunnah.

Sedangkan untuk arti yang ke dua adalah fiqh merupakan hukum syariat itu sendiri. Jika pada arti pertama fiqh digunakan untuk mengetahui hukum syariat seperti perbuatan wajib atau sunnah, makruh atau haram, dari  daill – daill yang sudah ada. Maka pada arti ke dua fiqh digunakan untuk mengetahui hukum syariat seperti puasa, zakat, haji, rukun wajib, dan rukun sunnah lainnya. Itulah dua arti dari fiqh yang memiliki makna berbeda namun sama – sama mengenai hukum syariat.

Belajar ilmu fiqh memiliki banyak manfaat seperti mampu memperluas wawasan mengenai Islam. Ilmu fiqh menjadi bagian dari belajar agama Islam yang cukup penting. Dengan belajar ilmu fiqh seseorang akan lebih paham mengenai hukum – hukum syariat yang ada. Selain itu umat yang belajar ilmu fiqh akan mencari dalil – dalil yang asli mengenai setiap hukum pada syariat tersebut.

Mempelajari ilmu fiqh lebih dalam mampu membut umat Islam mampu menerapkan kaidah beragama dengan lebih benar. Pada intinya semua hukum agama berasal dari Al-Quran sama halnya dengan ilmu fiqh yang langsung bersumber pada Al-Quran, ijma, qiyas, dan berasal dari hadist. Ada banyak sumber yang bisa dipelajari dari ilmu fiqh ini. Ketika seseorang belajar ilmu satu ini maka dirinya akan mampu menerapkan kaidah beragama dengan lebih baik dan benar.

Manfaat lain dari belajar ilmu fiqh ini adalah mampu mengaplikasikan hukum yang sesuai dengan syariat. Paham dengan hukum yang sesuai dengan syariat melalui belajar ilmu fiqh ini akan dirasakan oleh orang yang mempelajarinya. Mereka akan memiliki keyakinan yang kuat dari berbagai hukum syariat yang ada. Beragam manfaat akan dirasakan ketika belajar ilmu fiqh. Tidak kalah penting dari belajar ilmu fiqh yakni mendirikan sholat tahajud. Mendirikan sholat sunnah ini mampu membuat iman seseorang menjadi lebih kuat sehingga bisa menjalankan kaidah agamanya dengan lebih baik.