Islam

Hukum Syariah

August 28, 2020

Syariah adalah hukum spiritual yang mengembangkan bagian dari tradisi Islam. Itu berasal dari amanat spiritual Islam, terutama Alquran dan juga Hadits. Dalam bahasa Arab, istilah syari’ah mengacu pada hukum ketuhanan Tuhan dan kontras dengan fiqh, yang menggambarkan analisis ilmiahnya. Cara penerapannya di zaman modern sebenarnya telah menjadi topik perselisihan antara Muslim tradisionalis dan reformis.

pexels.com

Fiqih

Teori tipikal fikih Islam mengakui 4 sumber syariah: Alquran, sunnah (Hadits dan Sira), qiyas (penalaran analogis), serta ijma (kesepakatan yuridis). Berbagai sekolah hukum mendirikan metode untuk menurunkan aturan syariah dari sumber kitab suci dengan menggunakan proses yang disebut sebagai ijtihad. Hukum adat membedakan dua cabang utama regulasi, ʿibādāt (rutinitas) dan juga muʿāmalāt (hubungan sosial), yang satu sama lain menyusun topik yang sangat beragam. Penilaiannya menunjuk tindakan ke salah satu dari 5 klasifikasi: wajib (Fard), dinasehati (mustahabb), diizinkan (Mubah), dibenci (Makruh), dan dilarang (haram). Oleh karena itu, beberapa bidang syariah tumpang tindih dengan gagasan hukum Barat sementara yang lain secara umum lebih cocok untuk menjalani hidup berdasarkan kehendak Tuhan.

pixabay.com

Secara historis, syariah ditafsirkan oleh ahli hukum independen (muftis). Pendapat hukum (fatwa) mereka diperhitungkan oleh hakim-hakim yang ditunjuk oleh penguasa yang mengawasi pengadilan qāḍī, dan juga oleh pengadilan maẓālim, yang diatur oleh dewan penguasa serta melaksanakan peraturan pidana. Pada era kontemporer, peraturan pidana berbasis syariah sudah banyak yang digantikan oleh undang-undang yang dipengaruhi oleh versi Eropa. Reformasi Tanzimat abad ke-19 di The Footrest Empire menyebabkan kode sipil Mecelle serta mewakili upaya awal untuk memesan Syariah. Sementara konstitusi di sebagian besar negara bagian mayoritas Muslim memasukkan referensi ke syariah, pedoman klasiknya terutama disimpan hanya dalam peraturan perundang-undangan kondisi pribadi (rumah tangga). Badan legislatif yang mengkodifikasi undang-undang ini berupaya memperbaruinya tanpa meninggalkan dasar-dasarnya dalam hukum yang khas. Kebangkitan Islam pada akhir abad ke-20 membawa serta panggilan telepon oleh gerakan Islamis untuk implementasi total syariah. Fungsi syariah telah menjadi topik yang ditentang di seluruh dunia. Ada diskusi yang sedang berlangsung mengenai apakah syariah bekerja dengan jenis pemerintahan sekuler, hak asasi manusia, fleksibilitas pemikiran, dan kebebasan sipil wanita.

Ingin tau detailnya syariat islam? semua penjelasannya bisa didapatkan di hasana.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *