Umum

Perawatan Tepat Untuk Truk Tangki Yang Perlu Anda Ketahui!

August 11, 2020

Untuk masalah perawatan, jelas truk bermesin diesel seperti halnya truk tangki ini berbeda dengan mobil pada umumnya. Bahkan bagi sebagian orang, perawatan mesin diesel dianggap cukup susah. Selain itu juga menghabiskan biaya yang cukup banyak.

Padahal pada kenyataannya tidaklah seperti itu. Jika tahu tipsnya, mobil jenis truk yang rata-rata bermesin diesel secara perawatan justru cukup mudah. Selain itu, mobil mesin diesel jika digunakan untuk jarak jauh justru akan semakin bertenaga dan juga irit.

Meskipun cukup mudah bukan berarti bisa dilakukan secara asal-asalan. Tetap butuh cara yang tepat dalam hal perawatannya. Namun jangan khawatir, sebab pada kesempatan kali ini akan dibagikan tips sederhana merawat mobil bermesin diesel.

Perhatikan Pemakaian Solar, Filter dan Tangki Solar

Selalu gunakan solar yang memiliki kandungan sulfur rendah. Alasannya hal seperti ini memiliki pengaruh terhadap tarikan mesin. Tarikan mesin akan terasa lebih ringan. Selain itu suara mesin pun akan lebih halus. Selain itu, asap yang dikeluarkan dari knalpot pun akan lebih bersih.

Ganti filter solar Anda jika saringan bahan bakar pada dashboard menyala. Sebab hal seperti itu menandakan adanya kotoran atau air yang menyumbat saringan bahan bakar. Pasalnya jika tidak segera dibersihkan, kotoran atau air tadi bisa masuk ke sistem bahan bakar mesin.

Jika itu sudah terjadi, besar kemungkinan mesin diesel tidak bisa bekerja dengan sempurna. Atau yang lebih parah lagi bisa menyebabkan truk mogok. Selain itu, perhatikan juga tangki solar mesion diesel Anda. Jangan sampai tangki kehabisan bahan bakar.

Perawatan pada Water Sedimenter dan Busi Pijar

Pada truk tangki modern biasanya sudah dilengkapi dengan water sedimenter. Alat seperti ini memiliki fungsi menangkap kandungan air yang terdapat pada bahan bakar mesin diesel. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan secara rutin dan berkala kandungan air pada water sedimenter ini.

Nantinya jika indikator bahan bakar menyala, ini menandakan kandungan air yang ada di water  sedimenter sudah maksimal. Artinya Anda harus segera membuangnya. Selain itu, busi pijar adalah komponen penting lain yang juga harus Anda perhatikan.

Misalnya jika truk bermesin diesel Anda sulit ketika akan dinyalakan, tidak ada salahnya untuk mengganti busi pijar pada mesin tersebut. Nah, untuk mengecek kondisi busi pijar bisa dengan memberikan arus dari aki. Jika terdapat nyala merah maka kondisi busi pijar bisa dikatakan masih sangat bagus.

Jangan Langsung Mematikan Mesin Mobil Diesel

Jangan langsung mematikan truk secara langsung setelah selesai digunakan. Setidaknya biarkan truk tetap menyala selama kurang lebih 5 menit. Kenapa demikian? Tentunya hal seperti ini bukan tanpa alasan.

Ternyata apa yang Anda lakukan bisa menjadi salah satu penyebab mesin diesel pada truk cepat rusak. Hal ini disebabkan Anda tidak memberikan waktu pendinginan pada komponen mesin yang memuai ketika truk sedang digunakan. Selain itu, jika mesin langsung dimatikan, otomatis suplai oli akan terhenti dan pendinginan juga akan berhenti.

Hal ini dikarenakan anda tidak memberikan waktu pendinginan pada komponen mesin yang memuai saat mobil sedang digunakan. Selain itu jika mesin langsung mati, maka otomatis suplai oli akan terhenti dan pendinginan juga akan berhenti.

Lakukan Penggantian Pelumas Oli

Anda diharuskan untuk mengganti minyak pelumas atau oli setiap 5000 km. Sekaligus mengganti filter olinya juga. Pasalnya gesekan yang sering terjadi pada komponen dalam mesin akan meninggalkan sisa-sisa residu yang bisa membuat mesin truk cepat aus.

Oleh sebab itu menjadi hal yang cukup penting untuk melakukan pergantian oli secara berkala. Tindakan ini ditujukan agar kondisi mesin tetap stabil, kokoh, dan nyaman untuk digunakan.

Lakukan Pembersihan Mesin Diesel secara Rutin

Untuk membersihkan mesin truk, cara yang paling tepat adalah membersihkannya dalam keadaan hangat. Oleh sebab itu, lakukan pemanasan terlebih dahulu terhadap mesin. Tetapi jangan terlalu lama.

Ada dua jenis pembersih yang bisa Anda gunakan. Pertama adalah engine yang berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada mesin mobil. Kedua adalah engine dressing yang berfungsi untuk mengembalikan warna asli dari komponen mesin pada truk.

Jenis mobil-mobil seperti truk tangki ini memang butuh perawatan yang cukup ekstra. Selain itu Anda pun tidak bisa membiarkannya tidak terpakai dalam jangka waktu lama. Jangan biarkan truk Anda menganggur. Coba daftarkan truk Anda pada platform Dispatch services for owner operators agar bisa beroperasi dan terus membawa muatan setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *